Saturday, October 29, 2011

Tentang fresh graduate (FG)....

Mau share tentang pengalaman sebagai fresh graduate dalam sebulan ini ya....
fresh graduate (FG) itu kebanyakan memilih untuk mencari kerja dan sebagian sisanya memilih buat lanjut S2nya....
nah bagi yang masih jadi jobseeker otomatis kerjaanya ya seeking for a job. haha yaiyalah.
sibuk ng-apply ke company2 yang lagi buka lowker & kalo dipanggil (alhamdulilah dipanggil ya) sibuk ngapalin jawaban buat pertanyaan2 yang mungkin diajuin pas wawancara.awalnya gw jg gt, latihan wawancara didepan kaca, ya seenggaknya kita udh nyiapin jawaban lah ya kalo misal ditanya ini atau itu.
oya, usahain kita ng-apply ke banyak perusahaan, karena perbandingannya itu 1:10, dari sepuluh perusahaan yang kita apply, minimal ada 1 perusahaan deh yang manggil kita (kata om gw sih begitu,hahhaha).


Tips dari gw adalah :
1. Pilih baju yang formal, i mean jangan pake jeans lah ya, minimal kemeja+celana kain+pantofel (cowok) dan kemeja+celana kain/rok+highheels +5cm. (cewek). Usahain pake warna-warna yang netral, jangan yang ngejreng-ngejreng, ini mau wawancara cin, bukan ke mall.
2. Usahain sarapan dari rumah dan bawa minum, karena jarang2 perusahaan yang ngasi minuman, apalagi snack.
3. Jangan lupa cari info tentang perusahaan yang kamu lamar. kebanyakan perusahaan biasanya bakal nanyain tentang pengetahuan kita tentang perusahaan mereka.
4. Bawa alat tulis, buat jaga-jaga aja, karena ada beberapa perusahaan yang ngadain tes secara berkelanjutan dan tahap gugur, jadi bisa aja dari pagi sampe sore buat yang lolos sampe tahap psikotes.
5. Pas wawancara, usahain rileks dan jawab secara jujur ya pertanyaan-pertanyaanya, misal tentang keluarga atau tentang diri kita.
6. Harus sopan, usahain jabat tangan si pewawancara dan ucapkan salam. itu bisa jadi nilai plus buat kita, ya intinya kita harus bersikap baik dong pada kesan pertama.
7. Pelajarin lagi tentang TA dan research2 yang kita tulis didalem CV, biasanya apa yang kita tulis di CV, nanti bakal ditanyain. like, "tema skripsi kamu menarik, coba ceritain hasilnya". bisa mati kutu kalo kita lupa.
5. Nah kalo kamu sampai ke tahap nego gaji, kamu boleh matokin harga gaji, tentunya pake referensi ya, misalnya udah googling tentang gaji standar FG, tapi beda-beda loh di setiap perusahaan dan daerah, ngikutin UMR. Oya, jangan langsung bilang sesuai standar perusahaan, artinya kita nerima-nerima aja digaji berapapun yang penting dapet kerja. jangan begitu ya. kita emang baru lulus (FG), tapi kita punya skill yang bisa kita jual. jadi gak masalah lo pasang harga tertentu.
6. Nah kalo pas nego gaji, tanyain juga tentang tunjangan2 yang bakal kamu dapet, kayak uang makan, uang transport, jamsostek, housing, dan insentif lainnya.
7. Kalo tentang psikotes, usahain rileks ya, jangan grogi ngeliat peserta yang lain, karena perusahan pengen tau tentang kepribadian kamu. misalnya tes Kaeplin bertujuan buat ngeliat kestabilan kita dalam bekerja & kemampuan kita bekerja underpressure.
8 baca surat kontrak baek-baek, sedetail-detailnya karna surat kontrak itu biasanya menjebak, yah preparing for the worst ya, soalnya ini urusan hidup kita setahun-2tahun ke depan (biasanya kontrak itu setahun-2thn, br bisa jadi pegawai tetap, depend on the company surely).
9 Oya jangan lupa tanya tentang ijasah, ditahan atau enggak? biasanya perusahaan yg nahan ijasah gak sehat, i mean mereka aja udh gak percaya sm kita dari awal, toh kalo kita keluar sbelum abis kontrak kita bakal bayar penalty cost kan. ya serem aja kalo ijasah sampe ilang, ngurusnya itu loh. ih amit2 deh.
10. .........................................................................................................................................
(to be continue)

Hmmmmm, oya, ngomong-ngomong tentang gaji, gw survey lewat temen-temen yang udah kerja dan searching di google. tapi seiring waktu, standar itu gw turunin sesuai dengan daerah gw.
karena UMR setiap daerah kan beda-beda ya.
nah tapi yang bikin bete adalah ketika kita udh nurunin standar kita dan ketika kita udah sampe tahap ahir, kita gak sreg sama gaji, dan berujung dengan jawaban, "saya gak bisa mutusin sekarang pak/ibu, nanti saya kabarin lagi ya."
padahal dalam hati mau nolak, cuma gimana ya, masa langsung ditolak.
gw agak bingung jadinya, gamau nolak rejeki, cuma setahun=2thn itu gak sebentar ya, apakah harus nerima atau menunggu panggilan laen yang lebih oke gajinya.
karena kalo dipikir-pikir gaji segitu (<2jt) bisa abis buat makan+transport+kos kan..? gimana bisa nabung kalo begitu. yah pertimbangan gw sih itu.
but finally, it depends to yourself ya....
well, thats all deh...

No comments:

Post a Comment