Monday, March 21, 2011

Perjalanan Nekat ke Pantai Kukup (Jogja)

25 Desember 2009 gw dan temen gw (si lisa) memutuskan untuk pergi ke pantai, tapi berhubung di Solo gak ada pantai, jadilah kami memutuskan buat ke jogja, karna the nearest beach is there. Hahaha. Hari sebelumnya kami sempet ngajakin orang-orang, cuma Karena malemnya kami keluar sampe malem, jadinya pada males karena udah kesiangan.

Finally, dengan bermodal nekat dan cuma berdua, berangkatlah kami dari solo jam 11 siang naek bis SK (Sumber Kencono), ya bis yang jalannya kayak mobil balap deh. Dengan ongkos 7rb rupiah, sampailah kami di terminal Jogja. Abis itu, kami mampir ke pombensin buat ngaso bentar dan solat.

Berbekal dengan rute yang didapet dari google, ya beneran dari google, kita naek deh bis ke Wonosari. Perjalanan belum selesai, setibanya di Wonosari, kami harus nyambung lagi naik bis kecil ke Terminal Baron (kayaknya namanya itu deh), dengan ongkos yang lumayan mahal yaitu 10rb, kami menempuh perjalanan panjang naik turun bukit dan belom mendapati tanda-tanda adanya pantai. Sumpah, agak parno jadinya gara-gara baru first time juga dan cuma berdua, sempet sms nanya-nanya ke temen yang orang jogja. Akhirnya, 3 jam perjalanan kami sampai di terminal, dan naasnya pas hujan gede. Hadehhh. Parah. Nyampe disana kita makan dulu sekalian nanya ke ibu-ibu warung, katanya bis ke baron diragukan masih ada apa gak jam segini, apalagi ujan deres, tapi kita disuruh nyoba dulu.

Menerobos hujan dan bertanya sama bapak2 apa masih ada bis yang ke baron, alhamdulilah masih ada, cuma katanya ngetemnya lama soalnya sepi yang naek. Gapapa deh daripada gak ada.

Sempet bimbang dan gundah gulana, karena kami gak mungkin balik ke solo sore ini kalo tetep lanjut kesana. Tapi karena udah terlanjur jauh dan males menempuh rute pergi tadi, kami memutuskan untuk lanjuuuuuuut gan. Agak deg-deg ser juga sih, soalnya yang mau kesana Cuma kami berdua. Alhamdulilah (lagi) bapak supir dan keneknya baik, sempet suuzon tadinya padahal, tapi kami dianter ke pantai kukup dengan selamat sentosa, malah dibantuin juga nyari penginapan. Langsung dapet penginapan 1 kamar dengan harga 50rb semalam dibayar tunai.

Kami langsung berganti kostum dan capcus ke pantai, berbinar-binar ini mata ngeliat pantai. Hahahhaa udah kayak orang autis berdua foto ganti-gantian, pake kamera pinjeman pula.haha Ternyata bukan suma kami doang loh yang berdua. Hahahhaa.yippie.

Setelah senja, kami pun pulang ke penginapan dengan perut lapar. Tapi karena sepi dan warung-warung udah pada tutup, maka kami pun memutuskan untuk diam di kamar sambil berbincang tentang perjalanan dan sambil mengecek pintu dan jendela sudah dikunci , ya kami masih tetep parno.

Paginya, kami pengen ngeliat sunrise, tapi karna mendung, mataharinya gak keliatan deh. Sediiihhh. Akhirnya muterin pantai dan naek ke jembatan buat ngeliat pantai dari atas terus nyari sarapan deh.

Seperti terlihat di gambar, pantai kukup itu terdiri dari karang-karang di bagian tepinya, namun setelah karang, langsung laut lepas. Pantai ini merupakan salah satu pantai Selatan, yang menjorok langsung ke Samudera Hindia. Makanya disini dilarang renang.

Disini juga ada akuarium biota laut loh, cukup bayar 2rb rupiah saja maka kita bisa liat ikan-ikan lucu.

Menu sarapan pagi ini adalah intel (indomie telor). Ya disini cuma ada itu pagi-pagi gini. Gapapa deh daripada gak makan, lagian udah kelaperan kita. Terus pulang ke penginepan dan merencanakan akan naik apa kami nanti, karena gak ada kendaraan umum yang kesini actually. Adanya tuh cuma sampe Baron aja, kemaren kami itu dijanjiin bakal dijemput sama bis kemaren, tapi kata ibu-ibu penginepan, itu bis udah datang pas kami ke pantai tadi. Hadehhh.

Mulailah panic dan nanya-nanya ke orang-orang, tapi alhamdulilah bapak-bapak penginepannya baik mau nelponin bis buat jemput kami, mana sempet ada om-om ganjen yang nawarin tebengan lagi. Ihhhh najis banget.

Akhirnya sampailah juga itu bis, bukan bis yang kemarin sih, ini lebih kayak carry Jodoh-Nongsa. Tau gak? Aduh bingung gw njelasinnya, pokoknya kayak gitu deh. Dengan ongkos 10rb, kami naik itu carry sampe perempatan mana gitu, lupa namanya, terus lanjut naik bis yang ke terminal. Pulangnya naek bis Mira AC (sodaranya Sumber Kencono) dan perjalanan Jogja-Solo 3jam, paraaaaah banget, padahal biasanya kalo naek kereta Prameks cuma 1 jam doing, bayangkan apa gak tepos ini pantat. Hihhhh.
Setelah perjalanan panjang, sampailah dikosan si lisa dan teparlah kami berdua. Hahahhaa nice experience deh pokoknya. Nih dia rute perjalanan dari Solo.