Tuesday, May 3, 2011

Tertawalah mumpung tertawa itu gratis. :D

Nyimak timeline @blogdokter dan jadi pengen bahas tentang ketawa deh. Hal yang sangat simpel namun bisa merefresh otak dan pikiran kita, hal yang simpel namun mungkin banyak  juga orang yang belum melakukannya. 
Banyak banget loh ternyata manfaat dati ketawa, here it is :
1.      Terapi tertawa dapat mengurangi depresi pada usia lanjut. (tuh ayo sering-sering bercanda sama kakek dan nenek kita).
2.      Tertawa dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi insomnia (wow, boleh nih buat yang doyan tidur pagi aka para kalong. termasuk gw.hehe)
3.      Studi di Spanyol, tertawa dpt mngurangi rasa sakit/nyeri selama 45 menit. Tertawa jg mengurangi keluhan nyeri pd sendi otot khronis (yey, gak perlu panggil tukang pijet dong.)
4.      Tertawa yg teratur dpt memperlancar aliran darah dan meningkatkan kesehatan sistem kardio vaskuler (nah biasakan tertawa secara teratur, bisa sehari 3 kali, kayak minum obat ya, haha ya minimal sehari sekali deh ya.)
5.      Tertawa secara bersama2 dapat meningkatkan rasa keterikatan diantara sahabat/teman (setuju banget sama statement ini).
6.      Tertawa dpt mengurangi produksi hormon kortisol penyebab stress (tuh ayo daripada stress mending ketawa aja, haha asal gak ketawa2 sendiri loh ya, itu mah malah kayak orang stress).
7.      Tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga jarang terkena infeksi (tuh, berarti kita gak usah imunisasi lagi).
8.      Tertawa dapat melatih otot2 diafragma, dinding perut, pernafasan, wajah, kaki dan punggung. Kalori pun dibakar (yey, kabar menggembirakan buat yang gak punya waktu buat olahraga, haha alesan, bilang aja males, ya anda cuma perlu ketawa buat membakar kalori.)
9.      Tertawa dpt meningkatkan belajar dan daya ingat pada pelajar/mahasiswa (wah patut dicoba nih ketawa2 ngeliat jurnal-jurnal kuliah.haha).
10.  Tertawa dapat meningkatkan konsentrasi, kreatifitas dan kemampuan mengingat sesuatu (berguna banget buat yang lemot dan pikun kayak gw. hahahha).
11.  Tertawa itu menular. Hanya dengan melihat orang tertawa kita bisa ikut tertawa (nih, kapan lagi kita menularkan virus yang sehat dan menyenangkan. :D).
12.  Selama tertawa, 15 otot di wajah akan berkontraksi sehingga meningkatkan aliran darah ke area tersebut. Hasilnya, wajah terlihat lebih kencang, merona, dan memancarkan cahaya.(bagus, berarti gak usah totok wajah segala.hehehe).
13.  Tertawa juga memperlancar aliran darah ke sekitar mata dan mengaktifkan saluran air mata. Itulah mengapa manusia bisa menangis saat tertawa terbahak-bahak. Hasil studi mengungkap, keluarnya air mata, baik dalam keadaan sedih maupun sukacita mengurangi tingkat stres.(Ohhhhh.....baru tau gw....).
14.  Tertawa bikin perut rata. William Fry juga menemukan tertawa membuat perut lebih langsing seperti saat mengayuh dayung selama 10 menit. Setelah diukur, tertawa mampu meningkatkan denyut jantung dan membuat otot perut berkontraksi, sama ketika atlet sedang mendayung (Wow, amazing!).
15.  Tertawa bikin ramping. Pada saat tertawa, denyut jantung naik 10-20 persen dan membakar 1,3 kalori per menit. Tertawa selama 15 menit setiap hari selama satu tahun akan mengurangi kalori hingga dua kilogram. (wew, cocok buat orang yang pengen kurus. hahahhaa).    
hahahhaa...Ayo kita budayakan ketawa. tapi jangan berlebihan loh ya, karena semua yang berlebihan itu tidak baik adanya......
:ngakak:ngakak:ngakak
sumber :
http://kosmo.vivanews.com/news/read/145423-sejuta_manfaat_tertawa
http://twitter.com/#!/blogdokter

No comments:

Post a Comment