Monday, February 7, 2011

(¬_¬") Bumiku Cenat Cenut. (>_<")




Jam menunjukkan pukul 12.00 WIB, ya benar tepat siang bolong begini cuaca bener-bener terik dan tidak bersahabat. Paling enak kalo ngadem di ruangan ber-AC sambil minum es teh.  Nah pas sore, tiba-tiba cuaca mendung nan syahdu terus ujan. Nah, sadar atau enggak perubahan cuaca yang ekstrim bukanlah suatu hal baru lagi di mata kita. Sejak beberapa tahun terakhir ini, suhu bumi semakin panas baik di atmosfer, darat dan juga laut, fenomena ini biasa kita sebut dengan pemanasan global atau global warming. Oke, di blog ini saya mau membahas all about globwarm (red: global warming).

Point-point yang akan saya bahas di blog ini yaituuuu :
1.        Globwarm  itu apa deh ?
2.       Kenapa bisa terjadi ?
3.       Dampaknya ?
4.       Apa yang telah dilakukan untuk mengatasi masalah ini ?
5.       Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi globwarm ?

Oke first point GLOBAL WARMING ITU APA DEH ? Globwarm (pemanasan global) adalah meningkatnya suhu bumi secara drastis.

Second point KENAPA BISA TERJADI --> KOK BISA ???
Jawabannya sudah jelas ada di hadapan kita sehari-hari. Kalo kita cukup peka sama keadaan lingkungan pasti kita sadar akan penyebab-penyebab globwarm. Yang paling kentara misalnya pencemaran udara, baik karena polusi kendaraan ataupun karena limbah asap dari industri. Naiknya konsentrasi gas CO2 dan gas-gas lainnya di udara yang menyebabkan adanya efek rumah kaca, karena sinar matahari tidak dapat terpantul sempurna ke luar bumi (Wikipedia).
PENYEBAB LAINNYA yaitu :
*      Berkurangnya jumlah paru-paru dunia (red:pohon-pohon hijau akibat ulah manusia yang melakukan illegallogging dan hanya mentingin kepentingan sendiri ,
*      Banyaknya industri yang menyumbang limbah dan polusi ke alam, walaupun udah ditaro di ujung dunia (dikhususkan di kawasan industri) tapi tetep aja polusinya nyampe dan ngefek ke kita juga Selain itu, banyak juga negara-negara maju yang menyumbang emisi gas (ex : Cina, Amerika, dll).
*      Banyaknya penggunaan CFC (contohnya pada AC, kulkas, spray, dll) yang menyebabkan lapisan ozon menipis bahkan bolong, sehingga sinar ultraviolet masuk dan bisa meradiasi kulit kita di bawah sengatan sinar matahari (bisa menyebabkan kanker kulit loh. hiiiiiiii.
*      Terus bertambahnya jumlah penduduk (ngaruh ?),ya jelas ngaruh dong, dengan semakin bertambahnya populasi, maka semakin bertambah juga dong kebutuhan akan properti bangunan, padahal lahan udah terbatas banget. Apakah kita harus menebang hutan lagi ?
*      Penumpukan sampah plastik yang semakin hari semakin nambah, padahal sampah plastik butuh waktu yang sangat lama untuk diuraikan. Pengelolaan sampah yang kurang juga menyebabkan tumpukan sampah dimana-mana. Bahkan di kawasan Bandung berpotensi menjadi kota sampah karena tempat pembuangan sampah tidak mampu menampung jumlah sampah di kota itu,
*      Banyaknya pabrik kertas. Mungkin kalo illegalloging jelas-jelas keliatan salah karena sangat menyumbang terhadap globwarm. Tapi kalo pabrik kertas? Nah, kertas terbuat dari apa? Kayu bukan? That’s the point, sadar gak sadar mungkin kita turut mendukung penebangan pohon-pohon selama ini.

Third point APAKAH EFEK DARI GLOBAL WARMING SODARA-SODARA..?
*      Kutub es mencair
Peningkatan suhu bumi yang drastis beberapa dekade terakhir ini sangat berpengaruh terhadap kutub es yang dianggap sebagai titik stabilisasi dunia ini. Kutub es yang mencair menyebabkan permukaan air laut naik dan daratan menjadi berkurang. Bahkan pada tahun 2040, 2000 pulau di Indonesia berpotensi tenggelam akibat naiknya permukaan air laut. Selengkapnya bisa dibaca di trit saya di kaskus (2000 pulau di Indonesia akan tenggelam tahun 2040. ) #promosi .
*      Perubahan cuaca ekstrim
Masih inget gak waktu kita masih SD, ada angin muson barat dan timur, ada bulan-bulan pasti dimana musim hujan dan musim kemarau datang. Coba bandingkan dengan sekarang! Masih berlakukah hal itu.? Jawabannya adalah tidak. Sekarang ini musim sifatnya labil dan tidak menentu, sulit untuk diprediksi. Begitulah efek globwarm, perubahan cuaca secara ekstrim. Pagi syahdu, siang tau-tau panas mentereng,sore syahdu lagi atau bahkan mendung horror dan malam hujan deras, atau bahkan sebaliknya. Begitu kontras dan ekstrim. Hal ini tidak hanya terjadi di negara kita namun juga di negara-negara yang mengalami 4 musim, disana musim dingin menjadi sangat dingin bahkan sampai minus derajat Celcius, dan musim panas pun menjadi sangat panas.
*      Terbatasnya jumlah air bersih.
Kenapa? Jawabannya adalah karena semua orang membutuhkan air bersih setiap harinya sedangkan gletser juga mulai mencair, persediaan air tanah semakin sedikit akibat berkurangnya jumlah pohon dan daerah resapan air dan juga pencemaran yang makin hari makin bertambah. Coba kita lihat sungai mana yang di Indonesia masih bersih dan belum tercemar ? mungkin jumlahnya bisa dihitung dan letaknya jauh dari perkotaan. Bahkan di India, ada sungai yang sudah sangat tercemar namun tetap digunakan oleh penduduk. (Selengkapnya baca di trit saya --> 10 tempat terkotor di dunia. ) ,untung Indonesia belum masuk).Bahkan ada di beberapa tempat yang harus berjalan-jalan berkilo-kilometer demi mendapatkan air bersih  dan  juga ada yang harus membeli air bersih dari truk air bersih keliling. 
*      Punahnya flora dan fauna. 
Bumi kita kaya sekali akan flora dan fauna yang beranekaragam dan patut dibanggakan, terutama di negara kita, Indonesia. Ada berbagai macam flora di hutan Kalimantan, ada trumbu karang yang indah di lautan Indonesia, ada badak bercula satu di ujung kulon, ada pulau Komodo, dan sebagainya. Begitu kayanya alam Indonesia. Namun liatlah sekarang, karena ulah manusia dan pencemaran yang merusak habitat flora dan fauna, banyak hewan-hewan langka hampir punah akibat diburu oleh manusia, rusaknya trumbu karang akibat pengeboman laut, penggundulan dan kebakaran hutan, dan sebagainya .
*      Munculnya penyakit-penyakit.
Perubahan cuaca yang ekstrim dapat menyebabkan gagal panen sehingga muncul kelaparan dan malnutrisi. Mencairnya kutub juga bisa menyebabkan bencana banjir dan badai. Timbulnya bencana alam akan membuat penduduk mengungsi sehingga muncullah penyakit diare, malnutrisi, defisiensi mikronutrien, trauma psikologis, penyakit kulit, dll yang tidak bias dihindarkan (Wikipedia).
*      Gelombang panas semakin parah.
Suhu di berbagai Negara bertambah temperaturnya dengan sangat drastic. Di Surabaya saja suhu 30-37OC, di Negara bagian St.George sampai 48OC, di Las Vegas dan Canada 47OC, kota-kota di USA rata-rata temperaturnya lebih dari 40OC, bahkan Death Valley hingga 53OC. Di tahun 2003, Eropa Selatan pernah mendapat serangan gelombang panas dan memakan korban sebanyak 35ribu orang (Agrica, 2009).
*      Air laut mengalami de-salinasi.
Apaan tuh ? jadi kadar garam pada air laut mengalami penurunan secara drastis akibat volume air tawar di kutub mencair, sehingga mengubah arus laut yang mengatur iklim bumi sehingga iklim menjadi kacau balau. Nah yang paling serem adalah masuknya bumi ke dalam era jaman es dimana sebagian manusia musnah dan hilang .
*      Penjualan AC (Air Conditioner) makin meningkat.
Loh, kok bias ? ya bisa donggg, karena semua orang malah berlomba-lomba membeli AC karena udara semakin hari semakin panas. LOL. Padahal ini justru malah meningkatkan globwarm. #kontras.

Selain dampak negatif, ternyata globwarm juga ada dampak positifnya loh.Nih dia DAMPAK DARI GLOBAL WARMING YAITU :
-         Potensi yang lebih tinggi pada hasil pertanian di daerah yang terletak di posisi lintang tengah.
-         Potensi penambahan kayu global pada hutan yang dikelola dengan baik.
-         Peningkatan ketersediaan air untuk populasi pada beberapa wilayah yang relatif kering, sebagian wilayah di Asia Tenggara.
-         Pengurangan angka kematian pada musim dingin di belahan bumi lintang tengah dan lintang tinggi.

Walaupun mempunya dampak positif tetap saja globwarm yang terjadi sudah melebihi batas karena alam sudah tidak seimbang. Selanjutnya adalah HAL APA SAJA YANG TELAH DILAKUKAN UNTUK MENGATASI MASALAH INI ???
Di berbagai belahan dunia banyak yang telah mengkampanyekan tentang masalah ini. Dan ternyata banyak juga pihak-pihak yang setuju dalam menangani globwarm. Misalnya dengan green roof (atap yang ditanami dengan tanaman), gedung hijau (gedung yang tidak menggunakan AC namun memiliki model jendela yang besar sehingga tetap memudahkan sirkulasi udara), gerakan tanam 1000 pohon, penghjijauan, perlindungan terhadap hewan-hewan langka, penanaman kembali trumbu karang, kampanye pengelolaan sampah di rumah sendiri (dengan membuat lubang sampah di tanah sehingga bisa menjadi kompos), dan juga banyaknya asosiasi-asosiasi yang mendukung (ex : Green Peace, dll).

Fourth point APA YANG BISA KITA LAKUKAN UNTUK MENGATASI GLOBAL WARMING ?

3 comments:

  1. artikel yang lengkap ttg global warming, asal nggak cenat-cenut.

    ReplyDelete
  2. artikelnya lengkap yah... niat nyarinya. hahaha
    sekalian promo kaskus pula. sip deh aganwati

    ReplyDelete
  3. huahahhaha iya makasih.
    gw emang niat banget sih nyarinya. :D

    ReplyDelete