Friday, January 28, 2011

My First Step on 2011.

here we go..... gw gatau mau nulis apa. cuma lagi pengen nulis aja.
28 hari udah berlalu di tahun 2011 ini, dan terlalu banyak harapan di tahun ini. salah satunya adalah nyelesein skripsi and then wisuda (insyaAllah) di tahun ini. :D

wallpaper leptop & hp gue. hahahhhaa iseng. :p
oke first, masalah tema. gw beneran gatau mau ngambil tema apa. hahhaa jujur gw panik waktu orang-orang cerita mau ambil ini itu or else. berhubung gw ngambil mata kuliah pilihan pengukuran kinerja, gw jadi kepikiran aja buat ngambil tu tema. nah dengan berbekal sedikit keberanian, gw konsul deh ke dosen. hahha padahal belom belajar apa-apa, beneran.
gw konsul barengan sama temen gw yang ngambil tema sejenis tapi mereka udah selangkah lebih maju dari gw. agak jiper juga karena gw baru maju sekali dan malah cuma konsul. hahhaha
tapi untung dosen gw baek banget dan ngasih masukan. maka fix lah gw ngambil tema itu. sampe hari ini sih gw masih menganggap itu tema buat skripsi gw. hehhehe amin.

temen-temen gw pun sebagian besar lagi nggarap proposal skripsi dan sibuk konsul dan ke perpus. bagi gw dan sebagian temen gw yang baru melangkah, ini menjadi semacam kecemburuan sosial, gak cemburu juga sih. maksudnya kita jadi ikutan panik karena baru mau akan bergerak ngikutin arus yang ada. nah karena itu, gw yang panikan pun gak mau ketinggalan dong. hahahha

kerjaan gw sekarang adalah jalan-jalan (tetep) dan browsing dafpus sama ke perpus. kontras banget sama kehidupan gw dulu (semester-semester sebelum ini). yang kerjaannya tiap hari tidur, nonton pilem, karokean, belajar kalo mau ada ujian, begadang gara-gara ngautis, dan kegiatan gak penting lainnya. yah oke, kegiatan-kegiatan yang barusan gw sebutin penting ding, karena bisa ngilangin kestresan gw dari rutinitas tugas kuliah yang seabrek banget. secara, gw anak teknik yang tugasnya seabrek banget, apalagi pas musim laporan. but thats memorable, masa-masa hectic pas laporan bener-bener berkesan dan bikin gw jadi kenal banget sama karakter anak-anak kelas. yah walaupun kadang ngeselin, tapi tetep aja berkesan sekarang. kalo dulu sih, jelas bikin jengkel dan pasti misuh-misuh setiap hari. :D

hmmm hmmmm back to the topic, nah skripsi gw itu harus wawancara sama orang-orang penting di perusahaan, nah the problem is.. gw gak punya link disini, secara gw anak rantau dan gak ada sanak sodara di tempat gw kuliah ini. tapi gw tetep usaha nyari-nyari tempat penelitian, belom usaha banget sih tapi udah lah dikit-dikit mah sembari nggarap proposal...
entahlah, kadang gw juga bingung mikirin ini.. tapi kalo kebanyakan dipikirin kok ya bikin pusing. jadi gw jalanin aja yang seharusnya gw jalanin yaitu nggarap proposal skripsi.
there's a will, there's a way, rite ? :D

langkah-langkah dalam membuat proposal skripsi menurut gw adalah sbb :
1. pikirin tema apa yang mau kamu ambil, yang pasti adalah pilih tema yang lo suka, karena skripsi adalah hasil karya kamu, jadi bukankah lebih enak kalo ngerjain sesuatu yang kita suka.
2. nah kalo udah ada tema, searching TA sejenis ; rajinlah ke perpus (paksakan diri ke perpus deh, walaupun cuma liat-liat doang gapapa).
3. udah tau tentang tu tema ? saatnya konsul ke dosen yang ngerti tentang tema itu.
4. setelah konsul, nanti kamu diarahin tentang tema kamu, dikasih langkah-langkah gitu, jadi you know what should you do next.. kadang juga kita dikasih jurnal buat dipelajarin.
5. biasanya setelah beberapa kali konsul, kita disuruh buat proposal skripsi. proposal skripsi itu cuma 3 bab pertama (bab 1,2,3). kalo di jurusan gw sih, proposal cuma buat formalitas, gak sampe diseminarin. nah, kalo misal tema kamu itu butuh tempat penelitian, kamu mendingan tanya dulu kesana sambil bawa surjin penelitian dari jurusan.
6. nah kalo udah fix, tinggal nggarap proposal deh, nyari-nyari buat landasan teori dair buku-buku dan jurnal. inget, landasan teori gak boleh dikutip dari TA orang lain, harus dari buku atau jurnal.

sementara itu dulu, gw mau lanjut nyari ebook. :D

*to be continued*

No comments:

Post a Comment